Jika Berpikir TKW itu Bodoh, Mungkin Anda Salah Pertemanan di Facebook (Inilah Kelebihan TKW yang Wajib Anda Ketahui)

Tenaga Kerja Indonesia atau biasa disebut TKI, entah kenapa selama ini selalu dianggap profesi rendahan dan dipandang sebelah mata, terlebih para wanitanya atau TKW, khususnya di Taiwan. Memang benar, kehidupan yang bebas di luar negeri kerap membuat sebagian para pahlawan devisa mengalami shock culture, sehingga merubah gaya hidup dan prilakunya. Namun perlu digaris bawahi, itu hanya sebagian! Jadi masih ada sebagian lagi yang tetap lurus- lurus saja, selama menjalani profesi sebagai TKW. Bahkan ada beberapa lagi yang justru lebih berprestasi dan mengharumkan nama bangsa, dengan berbagai karya disamping pekerjaannya menjadi buruh(tentunya, ini hanya bagi mereka yang mau belajar dan memanfaatkan kesempatan). 
Bagi anda yang masih merendahkan profesi TKW di Taiwan atau di manca negara lainnya, harap anda membaca ini.
Kelebihan yang dimiliki Tenaga kerja Wanita atau TKW di manca negara:

#Memiliki keahlian bahasa Asing
    Memang benar para tkw ini tidak memiliki ijazah kelulusan Sarjana bahasa Asing, tapi anda bolehlah adu kemampuan mereka dalam berbicara bahasa Mandarin, atau Inggris salah satunya. Bahkan tidak jarang ada yang fasih 2 -3 bahasa asing. Terbukti, ada beberapa yang menjadi translator dan tour guide profesional setelah mereka purna tki.

#Salah satu penyumbang pajak terbesar untuk pembangunan Negara'Pahlawan Devisa'
 Pastilah semua orang sudah tahu dan mendengar istilah pahlawan Devisa (Devisa adalah barang yang  digunakan sebagai alat pembayaran internasional yang terdiri atas valuta asing. Seperti; mata uang US Dollar ($), Yen Jepang, Yuan Taiwan, emas, surat berharga yang berlaku untuk pembayaran internasional, dan lainnya). Semakin banyak tkw menukar mata uang asingnya dengan rupiah, maka semakin menguatlah mata uang rupiah di mata dunia dan semakin besarlah pendapatan pajak negara.  Beberapa dari hasil pajak itu di alokasikan pada biaya pembangunan infrastruktur negara.

#Perawat otodidak
Ya, pekerjaan tkw di Taiwan yang notabenenya adalah sebagai care giver atau penjaga lansia yang kerap keluar masuk rumah sakit, mereka secara otodidak belajar berbagai hal yang berkaitan dengan medis dari para perawat di sana. Bahkan cara kerja mereka sudah menyerupai perawat profesional (lagi-lagi, walaupun mereka bukan lulusan sebuah lembaga pendidikan formal). Dari penyuntikan insulin diabet, penanganan awal CPR , ukur tekanan darah dan banyak hal medis lain yang mereka kuasai dalam menjalani profesinya.

# Duta kuliner Bangsa
 Karena kerinduan pada tanah air, kerap mereka memasak sendiri makanan khas tanah air, yang pastinya dengan secara tidak langsung mereka berpartisipasi mengenalkannya pada penduduk lokal sekitar mereka, dimana mereka bekerja.

#Menciptakan Sumber Manusia berkualitas dan Mandiri
Jika masih ada yang berpendapat kalau tkw itu bodoh, No! Anda salah sekali. Sekarang banyak tkw tidak hanya sekedar buruh, tapi mereka juga menyandang status pelajar atau Mahasiswa. Bahkan  beberapa di antaranya sudah ada yang mendapat gelar Sarjana. Banyak kursus-kursus bahasa atau pun kursus keahlian lainya (seperti: membuat kerajinan tangan dan bertani)  yang diperuntukan bagi para  pekerjaa asing  oleh LSM lokal negara setempat, organisasi/perkumpulan buruhnya sendiri atau pun beberapa program yang diadakan oleh KDEI/KJRI.

# Menciptakan wanita Multitalenta dan Menginspirasi
Jika Anda masih juga berpikiran bahwa tkw hanya kenal sapu dan sikat wc saja, serta video esek-esek atau ketebelce lainnya. Maka saya pastikan anda salah pertemenan di facebook!
Dengan memanfaatkan sarana yang memadai dan mudah didapatkan untuk mengembangkan bakat dan passionnya, berhasil mengasah mereka di sela-sela kesibukan kerja dan tanggung jawab sebagai tenaga kerja. Sebut saja salah satunya; Marya Isma di bidang tarik suara, Erin Cipta di bidang literasi, Eulis Komariah atlet Taichi International, dan masih banyak lagi. Mereka semua adalah TKW, khusunya Taiwan. Serta masih banyak hal lainnya yang berprestasi dan mengharumkan nama besar bangsa Indonesia di luar negeri.

Maka berpikir ulanglah jika anda masih berpendapat bahwa tkw di luar negeri (Taiwan, Hongkong dan negara lainnya) itu bodoh dan hanya profesi rendahan. Coba setting ulang, barangkali anda salah dalam konfirmasi pertemanan di Facebook. Salam persahabatan dari TKW.
*Penulis blog ini juga tkw, kok😉.
(Maaf untuk nama-nama dan photo yang saya pinjam tanpa pemberithuan dahulu).


Sumber photo:pribadi.

0 Response to "Jika Berpikir TKW itu Bodoh, Mungkin Anda Salah Pertemanan di Facebook (Inilah Kelebihan TKW yang Wajib Anda Ketahui)"