ATASI PENYEBAB KULIT KERING DENGAN MENGENALI SABUN MANDIMU

Saat beberapa orang ditanya  tentang pilihan sabun mandinya, ternyata jawaban yang didapat cukup beragam dan memiliki alasan sendiri- sendiri.  Ada yang lebih suka dengan shower gel, alasannya lebih irit dan ekonomis. Katanya,  hanya dengan pemakaian secolek aja sudah cukup. Sedang beberapa yang lain lebih memilih shower cream, karena bentuknya tidak selengket shower gel. Namun ada beberapa juga yang tetap memilih sabun batangan/bar soap,  lebih awet dipake, itu alasannya. Baiklah apapun pendapat dan pilihan mereka tentu tidak menjadi soal, ya. Namun tahukah anda, terkadang sabun bisa membuat kulit kering  bahkan sampai bersisik. Sebenarnya ini bukan karena kualitas atau mahal dan murahnya harga sebuah sabun. Namun pemilihan yang tepat atau  sesuai tipe kulit kita masing-masing bisa jadi solusi agar kulit terhindar dari penyebab bersisik alias busik. Untuk itu kita harus tahu tipe kulit kita ini  Kering, berminyak , normal atau justru cenderung sensitif? Dengan begitu kita bisa menentukan sabunseperti apa yang tepat untuk kulit kita. Ada baiknya  kita juga tahu perbedaan, serta kandungan apa saja yang ada didalam sabun tersebut.
1. Bar soap/sabun batangan
Bentuk sabun ini mungkin yang paling lama digunakan. Menengok sedikit kebelakang, sejarah tentang sabun.  Sabun sendiri berasal dari bahasa Hindi/India , bendanya adalah surfaktan yang digunakan dengan air untuk mencuci dan membersihkan. Surfaktan ini merupakan molekul yang memiliki gugus polar hidrofolik( yang bersifat suka air) dan gugus non polar lipofolik (bersifat suka minyak), sehingga bisa mengikat sifat minyak dan air dalam satu campuran benda sekaligus.
Awal kira–kira  600 tahun SM, para pelaut Funisia atau yang sekarang menjadi Libanon ternyata sudah mengenal sabun. Namun kala itu mereka menggunakan sabun masih menyerupai salep. Lalu kira- kira pada abad X ada inovasi dalam pembuatannya, sabun dibuat dari lemak hewani dengan ditambahkannya wewangian serta bentuknya lebih padat. Untuk memmbentuk  kepadatannya itu mereka menambahkan alkali, yang mengandung banyak bicarbonate. Sedangkan bicarbonate sendiri adalah zat yg bisa  mengikis  ph (asam kelembaban)pada kulit atau dengan kata lain membuat kulit menjadi kering. Itu sebabnya ada beberpa ahli kecantikan tidak menganjurkan sabun batangan ini  dipakai untuk membersihkan muka. Mungkin jenis sabun ini cocok bagi orang- orang yang kulitnya  berminyak.
2. Shower gel
Bentuknya tentu saja merupai jelly dan biasanya banyak merk yang menyediakan jenis sabun ini menambahkan butiran kecil yang terasa kasar di kulit atau biasa dikenal dengan scrub, gunanya untuk mengikis sel kulit yang mati hingga mudah bagi kulit untuk memebentuk sel muda yang baru lagi. Sehingga kulit tampak lebih cerah. Walau kandungannya sedikit pekat dari body wash, Namun jenis sabun ini memiliki banyak kandungan air. Sehingga agak sedikit sama seperti bar soap, jenis ini  akan lebih cocok untuk jenis kulit berminyak.
3. Shower cream
Bentuk dari jenis sabun ini lebih pekat , kandungan moisturizernya juga lebih banyak. Akan cocok bagi kulit kering.
4. Body wash
Jenis sabun yang ini belakangan begitu banyak dijumpai di pasaran, biasa dikenal dengan sabun cair. Kandungannnya cocok untuk kulit normal. Namun terkadang banyak merk yang menambahkan jumlah triclosan( zat penghasil gelembung busa) lebih banyak . Padahal seberapa banyak busa tidak menjamin seberapa bersih daya cucinya.
Berpatok dari sekelumit informasi diatas, kini tidak akan salah lagi dalam memilih jenis sabun yang cocok untuk menemani mandi kita. Namun jika masih bingung dengan beragamnya pilihan yang ada di pasaran, kini telah hadir The Body Shop Indonesia, Belanja Online Perawatan Tubuh dan Kecantikan Alami! Yang akan membantu anda mencari produk berbahan alami. The Body Shop adalah produsen produk perawatan tubuh dan kecantikan yang sejak dua tahun belakangan telah mengembangkan sayapnya ke dunia online. Mereka percaya kecantikan sejati berasal dari hati. Kecantika jauh lebih dari sekedar wajah cantik. Produk The Body Shop yang lengkap siap untuk memenuhi kebutuhan Anda, berbagai produk perawatan tubuh, perlengkapan mandi, perawatan wajah, perawatan kulit hingga perawatan rambut tersedia di www.thebodyshop.co.id dengan lengkap. Seluruh produk perawatan menggunakan bahan baku yang alami. Now, say No to Beauty is pain! But healthy will be a beauty, ya!😊



0 Response to "ATASI PENYEBAB KULIT KERING DENGAN MENGENALI SABUN MANDIMU"